Kerajaan Lamajang Merupakan Kerajaan Islam Tertua di Indonesia Setelah Samudera Pasai - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Kerajaan Lamajang Merupakan Kerajaan Islam Tertua di Indonesia Setelah Samudera Pasai

Kerajaan Lamajang Merupakan Kerajaan Islam Tertua di Indonesia Setelah Samudera Pasai


Lumajang, Kabarejember.com
(12/08/2019)--- Di nusantara kita mengenal kerajaan Islam tertua adalah kerajaan Samudra Pasai atau  Kerajaan Samudera Darussalam atau Kesultanan Pasai yang terletak di pesisir utara pulau Sumatera atau persisnya di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara Provinsi Aceh. Kerajaan ini dibangun oleh Nazimuddin Al Kamil atau Marah Silu yang bergelar Sultan Malik as-Saleh pada abad ke-13 tepatnya pada tahun 1267 Masehi.

Bukan Demak, tapi Kerajaan Lumajang lah Kerajaan Islam Tertua di Pulau Jawa.
Dalam berbagai sumber, Demak disebut pelopor pertama penyebaran Islam di Jawa dan Nusantara denga salah satu peninggalannya Masjid Agung Demak. Meski tak lama yaitu pada tahun 1475 -1548, Demak tercatat dalam sejarah kita sebagai Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Proses lahirnya Demak pun dilatar belakangi konflik. Raden Patah memerangi Ayahnya Brawijaya V (Raja Majapahit terakhir) agar masuk Islam.

kata Sejarawan NU, Agus Sunyoto dalam Bukunya Atlas Wali Songo, Juni 2016 lalu. Lantas bukti sejarah apa yang bisa meluruskan?. Agus dalam Buku Atlas Wali Songo menyatakan Kerajaan Lumajang berdiri awal abad 12

pada sekitar tahun 1250 seorang seorang ulama Persia bernama M Syekh Abdurrahman Assyaibani sampai di Kerajaan Lumajang. M Syekh Abdurrahman Assyaibani diperintahkan oleh raja pertama dari Kesultanan Turki Usmani, Amir Ghazi menyebarkan ajaran Islam ke wilayah timur atau Nusantara pada tahun 1230-1281.
Di daerah Lumajang lah M Syekh Abdurrahman Assyaibani pertama kali menyebarkan agama islam. Di Lumajang inilah dia banyak berinteraksi sehingga banyak masyarakat disana memeluk agama Islam. Kekuasaan kerajaan Lumajang sendiri mencakup Probolinggo hingga ke timur sampai Banyuwangi dan nama kerajaan ini sering disebut dengan kerajaan Lamajang Tigang Juru.

Kedekatan Syekh Abdurrahman Assyaibani dengan Raden Arya Wiraraja membuatnya menjadi penasihat penguasa Lumajang. Bahkan makam Arya Wiraraja dan sejumlah senopati Kerajaan Lumajang berdekatan dengan makam Syekh Abdurrahman Assyaibani. Sehingga konon sebagian warga di sekitar makam Arya Wiraraja menyakini jika mantan Adipati Sumenep ini telah memeluk Agama Islam di akhir hayatnya dengan bimbingan langsung dari Syekh Abdurrahman Assyaibani.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengungkapkan, bahwa nama Syekh Abdurrahman Assyaibani memang kurang dikenal oleh masyarakat awam. Namun ulama besar ini ternyata merupakan salah satu penyebar agama Islam pertama di tanah Jawa, khususnya di Lumajang, Jawa Timur. Dan ternyata, kerajaan Lamajang tigang juru yang merupakan kerajaan Islam pertama di pulau jawa. Islam masuk ke kerajaan Lamajang pada tahun 1250 sedangkan kerajaan Demak yang berbasis Kerajaan Islam berdiri pada tahun 1475.

Dengan temuan situs purbakala beserta artefak-artefak di situs Biting telah menguak keberadaan Kerajaan Lumajang sebagai Kerajaan Islam tertua di Pulau Jawa,” ungkap Arsal. (Suatman )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact