Rektor UNEJ : Dosen Universitas Jember Harus Pancasilais - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Rektor UNEJ : Dosen Universitas Jember Harus Pancasilais

Rektor UNEJ : Dosen Universitas Jember Harus Pancasilais


Jember, Kabarejember.com
( 19 /07/2019 )----- Dosen Universitas Jember  (UNEJ) haruslah insan Pancasilais, tiada dasar lainnya ! Penegasan ini disampaikan Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember saat memberikan arahan dalam kegiatan “Pengarahan dan Penyerahan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) Dosen Universitas Jember Formasi Tahun 2018” di aula lantai 3 gedung rektorat dr. R. Achmad (19/7).  

Sebanyak 49 CPNS dosen hasil formasi tahun 2018 dari berbagai fakultas di Universitas Jember hari Jumat itu menerima secara resmi SK CPNS dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, yang menandai secara resmi pengabdian mereka di Kampus Tegalboto.

Di sela-sela arahannya, Moh. Hasan lantas meminta para dosen muda ini berdiri dan mendengarkan himne Universitas Jember, bahkan hingga dua kali. “Coba camkan benar-benar lirik himne kita ini, ...hanya Pancasila tiada dasar lainnya. Jadi sudah jelas keluarga besar Universitas Jember adalah insan-insan Pancasilais, tiada dasar lainnya,” tegas Moh. Hasan yang pagi itu didampingi Wachju Subchan, Wakil Rektor II bidang Administrasi Umum dan Keuangan. 

Oleh karena itu, Rektor mengharapkan semua dosen muda untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar berpikir dan bertindak, termasuk dalam mengabdi sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi.

“Dalam himne tadi juga sudah tersirat jelas tugas Anda sekalian yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan generasi tunas perkasa. Jadi ayo segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru dan langsung tancap gas, berkiprah di pengajaran guna menghasilkan generasi muda terdidik, berinovasi dalam meneliti, serta mengaplikasikan keilmuan kita melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat,” imbuh Moh. Hasan lagi. 

Dirinya meminta para yuniornya agar punya target tinggi, namun diimbangi dengan usaha nyata agar pengabdian melalui Kampus Tegalboto berjalan lancar dan memberikan barokah.

Di akhir pengarahannya, Moh. Hasan berpesan agar para dosen muda bangga akan berbagai pencapaian Kampus Tegalboto sehingga turut terpacu untuk ikut berprestasi. “Kampus Tegalboto sudah sejajar dengan perguruan tinggi yang lahir terlebih dulu melalui berbagai penelitian kita yang sudah diakui dunia, bahkan saat ini ada beberapa penelitian yang ditargetkan menembus jurnal internasional seperti jurnal Nature. Lantas Alhamdulillah tahun ini melalui SBMPTN 2019 posisi kita ada di nomor delapan sebagai PTN yang paling diminati. Semuanya menjadi modal bagi kita untuk melakukan branding agar Kampus Tegalboto makin maju,” tutur Moh. Hasan. Tampil sebagai wakil dosen untuk menerima SK CPNS secara simbolis dari Rektor adalah Dr. Nur Widodo, dosen Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian.                

Sementara itu dalam laporannya, Wakil Rektor II menjelaskan, dalam kesempatan kali ini ada 49 dosen muda yang menerima SK CPNS. Untuk diketahui pada formasi tahun 2018 Universitas Jember menerima 112 dosen, dimana SK CPNS untuk 63 dosen sudah diserahkan pada tanggal 20 Juni 2019 lalu. 

“Selanjutnya para dosen muda harus menjalani berbagai pelatihan agar mampu melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, misalnya Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Program Applied Approach yang dilaksanakan bekerjasama dengan LP3M kita,” ujar Wachju Subchan. (mia/iim/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact