Di Kawasan Kampus UNEJ Berdiri BI Corner - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Di Kawasan Kampus UNEJ Berdiri BI Corner

Di Kawasan Kampus UNEJ Berdiri BI Corner


Jember, kabarejember.com
Universitas Jember kini punya Bank Indonesia Corner, atau yang biasa disebut BI Corner. Peresmian BI Corner di Kampus Tegalboto dilakukan oleh Sugeng, Deputi Gubernur Bank Indonesia bersama Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember dengan disaksikan oleh Hestu Wibowo, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember (28/6).

BI Corner yang berada di area Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember ini diproyeksikan sebagai pusat informasi dan kajian mengenai kebank sentralan, dan ekonomi makro di wilayah Jember dan sekitarnya, sehingga meningkatkan literasi mengenai peran dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia, keberadaan BI Corner diharapkan menjadi rujukan bagi dosen dan mahasiswa serta kalangan umum dalam mempelajari Bank Indonesia dan kondisi ekonomi makro Indonesia, pasalnya BI Corner menyajikan berbagai kajian dan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Bank Indonesia, selain menyediakan berbagai buku mengenai ekonomi, finansial, dan perbankan secara umum. “Kami di Bank Indonesia memiliki BI Institute yang didukung para peneliti yang konsisten melakukan berbagai kajian yang hasilnya disebarluaskan melalui BI Corner yang ada di seluruh Indonesia,” jelas Sugeng yang juga salah satu penggagas berdirinya BI Institute.

Nantinya BI Corner tidak hanya memberikan layanan informasi saja, tapi secara rutin akan mengadakan diskusi,seminar dan kegiatan ilmiah lainnya terkait bank sentral dan ekonomi makro dengan menghadirkan para akademisi, praktisi perbankan, pelaku ekonomi dan tentu saja pakar dari Bank Indonesia. “Bahkan setiap tahunnya ada kompetisi BI Corner terbaik,” ujar Sugeng yang pernah menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia di New York ini.

Pria asli Purworejo ini lantas menambahkan, keberadaan BI Corner akan dimotori oleh para mahasiswa penerima beasiswa GenBI yang merupakan mahasiswa di Universitas Jember dan IAIN Jember. “Kami juga menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa SI hingga S3 yang tengah mengerjakan tugas akhir, termasuk juga bagi dosen yang tengah melakukan riset mengenai Bank Indonesia atau ekonomi makro,” imbuh Sugeng yang mengharapkan ada penerima beasiswa GenBI di Jember yang diterima sebagai pegawai di BI.

Kepercayaan kepada mahasiswa penerima beasiswa GenBI di Jember untuk mengelola BI Corner di Kampus Tegalboto tidak lepas dari prestasi yang sudah ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Jember dan IAIN Jember. “Para mahasiswa GenBI Jember menjadi GenBI terbaik se Indonesia tahun 2018 lalu dalam ajang Leadership Camp GenBI Nasional yang digelar di Bogor, Desember 2018, menyisihkan 95 PTN yang dibina oleh BI melalui program GenBI,” kata Hestu Wibowo.

Untuk diketahui, setiap tahunnya KPwBI Jember menyalurkan 100 beasiswa bagi  mahasiswa Universitas Jember dan IAIN Jember. Rencananya, KPwBI Jember akan meluaskan penerima beasiswa GenBI untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jember dan sekitarnya.

Sementara itu Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi BI bagi dunia pendidikan tinggi dengan mendirikan BI Corner dan pemberian beasiswa GenBI bagi mahasiswa. “Melalui GenBI, mahasiswa kami banyak mendapatkan bekal keterampilan dan pengembangan karakter yang bakal membantu mahasiswa dalam berkiprah di dunia kerja selepas lulus nanti,” pungkas Moh. Hasan. (Mia/iim/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact