PKB, PDIP, dan Gerindra 'Kuasai “ Wonorejo - Kabare Jember <>

Breaking

PKB, PDIP, dan Gerindra 'Kuasai “ Wonorejo

PKB, PDIP, dan Gerindra 'Kuasai “ Wonorejo



Lumajang, KaJe

Hasil rekapitulasi pemilu serentak 2019 di tingkat kecamatan, diperkirakan tuntas pada 26 April 2019. Akan tetapi, peta kekuatan siapa partai pemenang pemilu 2019 di Kabupaten Lumajang dan berapa jumlah kursi “empuk” yang bakal diduduki, sudah terlihat oleh masing-masing  caleg dan para petinggi parpol. Bahkan mereka sudah mengantongi data hasil penghitungan versi mereka sendiri dari saksi-saksi yang diterjunkan saat pencoblosan dan penghitungan suara di seluruh TPS.

Biasanya, hasil hitung cepat para petinggi parpol ini cukup akurat karena berdasarkan data langsung dari saksi-saksi internal mereka. Namun demikian, angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan selama rekapitulasi resmi KPU Lumajang belum dipublikasikan.

Data yang berhasil  dihimpun dan ditelusuri media ini, PKB diprediksi menggeser posisi PDIP yang sebelumnya sebagai pemenang pemilu 2014. Sedangkan posisi ketiga ditempati Partai Gerindra.

Pertama, Dapil 1 ((Lumajang, Tekung, Jatiroto, Sumbersuko dan Sukodono)PKB diprediksi mendapatkan 2 suara, Gerindra 2, PDIP 1, Golkar 1, NasDem 1, PKS 1, PPP 1, PAN 1, Hanura 1 dan Demokrat 1. Total dapil satu Lumajang 12 kursi.

Kedua, Dapil 2 (Rowokangkung, Yosowilangun, Kunir dan Tempeh) PKB 2, Gerindra 1, PDIP 2, Golkar 1, NasDem 1, PKS 1, Demokrat 2. Di dapil ini ada sisa 1 kursi yang diperebutkan Partai Demokrat dan PPP.

Ketiga, Dapil 3 (Pasirian, Candipuro, Pronojiwo dan Tempursari) PKB 2, PDIP 2, Gerindra 2, Golkar 1, PKS 1, Demokrat 1. Sedangkan 1 kursi lagi masih diperebutkan sejumlah caleg.

Keempat, Dapil 4 (Gucialit, Senduro, Padang dan Pasrujamber) PKB 2 kursi, PDIP 2, Gerindra 1, PPP 1 dan Demokrat 1. Sementara Golkar dan NasDem terancam kehilangan kursi.

Kelima, Dapil 5 (Kedungjajang, Klakah, Ranuyoso dan Randuagung) PKB 2, PDIP 2, Gerindra 1, NasDem 1, PPP 1, PKS 1, Demokrat 1. Di Dapil ini kursi ke 10 diperebutkan antara PKB dan PPP, sedangkan Golkar dan Hanura lagi-lagi harus legowo karena terancam kehilangan 1 kursi.

Dari prediksi tersebut, maka partai politik yang didirikan oleh almarhum Gus Dur ini akan menguasai DPRD Lumajang di Jl. Raya Wonorejo sebagai pemenang pemilu serentak 2019. Disusul kemudian PDIP (pemenang kedua) dan Partai Gerindra (pemenang ketiga). Tentu prediksi ini bisa berubah (berkurang, bertambah atau malah hangus) tergeser oleh parpol lain.(woko)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact