Deflasi Ekonomi Kabupaten Jember Karena Turunnya Harga Komoditi - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Deflasi Ekonomi Kabupaten Jember Karena Turunnya Harga Komoditi

Deflasi Ekonomi Kabupaten Jember Karena Turunnya Harga Komoditi



Jember, KaJe 
Berdasarkan rilis data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember per Maret 2019 yang menunjukkan angka deflasi 0,6 persen di Kabupaten Jember.

Deflasi Ekonomi Di Kabupaten Jember pada bulan Maret 2019 dipicu oleh turunnya harga komoditi daging ayam ras, besas, wortel, jeruk, bensin, telur ayam ras, bayam labu, genteng dan bolu yang kesemuanya tergolong sebagai komponen bergejolak (Volatile Foods).

Per bulan Maret 2019 terjadi panen raya tanaman padi di kabupaten Jember sehingga harga beras pada tingkat konsumen turun mencapai Rp.5000,00 per kilogram.

"Ini (deflasi) terjadi pada komoditas bergejolak sebagai penyumbang terbesar deflasi, itu adalah Volatile Foods." ujar  Indria Purwaningsih dihadapan awak media.

Volatile Foods (Komponen Bergejolak) berandil besar pada terjadinya deflasi ekonomi di Kabupaten Jember dengan besaran deflasi sebesar 0,74 persen serta sumbangan deflasi sebesar 0,15 persen selanjutnya ada komponen yang diatur negara (administered price) yang mengalami deflasi sebesar 0,7 persen dengan sumbangan deflasi sebesar 0,1 persen, serta komponen inti (core inflation) yang mengalami inflasi sebesar 0,18 persen, dengan sumbangan inflasi sebesar 0,10 persen.  (UR)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact