Totalitas Pengamanan Perayaan Nyepi 2019 Diback Up Polres Lumajang - Kabare Jember

Breaking

logo

Totalitas Pengamanan Perayaan Nyepi 2019 Diback Up Polres Lumajang

Totalitas Pengamanan Perayaan Nyepi 2019 Diback Up Polres Lumajang






Lumajang, KaJe
Besok (Kamis, 7 Maret 2019) merupakan hari yang sangat ditunggu bagi umat Hindu di dunia. Adalah perayaan Nyepi, yang selalu dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Meskipun dikatakan perayaan, namun ibadah ini jauh dari hingar bingar keramaian. Sesuai dengan kata Nyepi atau dapat diartikan menepi, umat Hindu diharuskan menepi serta tak melakukan aktifitas selama satu hari.

  Menanggapi hal ini, Polres Lumajang telah menyiapkan kekuatan penuh untuk menjaga perayaan ibadah ini. Ditambah wilayah Lumajang memiliki Pura yang cukup terkenal, yakni Pura Mandara Giri. Petugaspun sudah mulai disebar di sekitar Pura satu hari sebelum puncak perayaan Nyepi berlangsung.

  Ditambah malam ini , Rabu (6/3) umat Hindu juga memiliki tradisi pembakaran Ogoh Ogoh disekitaran Pura Mandara Giri, yang mana sebelumnya juga akan diarak keliling Desa Senduro. Menanggapi acara yang diperkirakan menyedot banyak animo pengunjung ini, Polres Lumajang juga telah menyiapkan pengalihan arus agar tak terjadi penumpukan di jalur menuju lokasi Pure tersebut.

  Selain petugas dari Polres Lumajang, juga akan dibantu dari jajaran TNI serta Satgas Keamanan Desa Senduro dan Ormas Badak, dengan total keseluruhan ada 129 personil. Petugas gabungan ini sendiri difokuskan di 5 titik, yakni Pos jatian, depan Mapolsek Senduro, pertigaan jalan menuju Desa Burno, pertigaan jalan ke Desa Pandansari serta yang terakhir adalah sekitaran lokasi Pura Mandara Giri Lumajang.

  AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH selaku Kapolres Lumajang mengatakan dalam perayaan umat Hindu ini, pihaknya tidak mau kecolongan dengan adanya tindakan yang tidak diinginkan. “Saya kerahkan anggota saya untuk berjaga di sekitaran Pura Mandara Giri Lumajang. Pengamanan kali ini memang sangat maksimal, mengingat tahun ini adalah tahun politik sehingga kami tak mau ada tindakan tindakan provokasi yang berujung fatal," ungkap Arsal.

  Lebih lanjut, pria lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1998 ini juga mengatakan akan mengamankan hingga perayaan selesai. “Ini adalah wujud kami menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila. Anggota saya juga akan kami terjunkan hingga perayaan Nyepi ini selesai. Selain itu pengamanan ini juga akan dibantu dari rekan TNI, Satgas Keamanan Desa, serta dari ormas Badak yang memang berada di wilayah Kecamatan Senduro," pungkas Arsal.(Suatman)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact