Tekan Stunting, Songsong Generasi Berkualitas dan Bermartabat - Kabare Jember

Breaking

logo

Tekan Stunting, Songsong Generasi Berkualitas dan Bermartabat

Lumajang, KaJe
Stunting harus bisa ditekan, agar ke depan mendapatkan generasi cerdas, berkualitas dan bermartabat.  Hal itu disampaikan, Plt. Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, S.E., saat membuka Seminar Gizi dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke - 59, di Aula Hotel Prima Kabupaten Lumajang, Sabtu (09/3/2019) pagi.

Lebih jauh Plt. Asisten Adminustrasi mengungkapkan, bahwa pengertiang Stunting adalah kondisi kekurangan gizi kronis dalam waktu yang rekatif lama, sehingga berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik anak, seperti tubuhnya kerdil di usianya dan sebaganya.       

Plt. Asisten menyampaikan pesan Bupati, Throiqul Haq, M.ML., dan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., yang sangat mengapresiasi seminar gizi tersebut.

Ia menjelaskan, bahwa Stunting di Kabupaten Lumajang cukup tinggi. Ini merupakan hasil riset kesehatan dasar, pada 2018.                 

Kabupaten Lumajang berada di posisi ke 15 dari 38 daerah di Jawa Timur.. "Stunting ke depan harus kita tekan kalau ingin mendapatkan generasi cerdas, berkualitas dan bermartabat," tuturnya.

"Saya berharap kegiatan seminar ini dapat memberikan masukan kepada Pemda agar bisa lebih menekan angka kelahiran anak-anak stunting, sehingga di tahun 2020 angka stunting semakin rendah," tambahnya.

Di pihak lain, Ketua DPC Persatuan Ahli Gizi (Persagi) Lumajang, Arif Zulkarnain, SKM., melaporkan, bahwa seminar gizi ini dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari. Tema Hari Gizi Nasional yang ke - 59 tahun 2019 adalah "Membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi".             

Untuk itu, katanya, peringatan Hari Gizi Nasional dapat dijadikan momentum sebagai introspeksi untuk selalu berinovasi agar masalah gizi selalu dapat diminimalisir sebagai upaya menyehatkan masyarakat.

"Keluarga sadar gizi Indonesia sehat dan produktif. Dengan slogan Gizi Seimbang Prestasi Gemilang," ujarnya.

Narasumber seminar gizi tersebut yaitu, Dokter Praktisi Gizi, dr. Ongko Susatyo, T.M.Ns., Sp.GK., Dosen gizi Universitas Brawijaya Malang, Dr. Nurul Musliha, SP. M.Kes., Ketua DPD Persagi Jatim, Agus Sri Wardoyo, SKM., MM., Ketua IBI Cabang Lumajang, Farianingsih, S.ST. (Suatman )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact