5.690 Relawan Keamanan Dilibatkan Pengamanan Pemilu - Kabare Jember

Breaking

logo

5.690 Relawan Keamanan Dilibatkan Pengamanan Pemilu

5.690 Relawan Keamanan Dilibatkan  Pengamanan Pemilu


Lumajang, KaJe
Polres Lumajang adakan Gelar Pasukan di stadion Semeru  Lumajang dalam rangka Pam Pemilu yang tinggal sebentar lagi. Sebagai Irup adalah Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban bersama dengan Dandim 0821 Lumajang Letkol Infanteri Ahmad Fauzi, SE.

Gelar Pasukan ini juga dihadiri oleh anggota Polres Lumajang, anggota Batalyon 527, Kodim 0821, KPU, PANWAS, Dishub, Satpol PP, BPO Linmas, Pagar nusa dan Satgas Keamanan Desa.

Yang unik dari Gelar pasukan kali ini adalah keikutsertaan Satgas Keamanan Desa dalam rangka menghadapi Pemilu 2019.

Sejumlah 5.690 anggota satgas keamanan desa yang terbentuk dari 198 desa se- Kabupaten Lumajang telah tunjukkan eksistensi mereka. Mereka adalah relawan keamanan yang dibentuk kerjasama Polres dengan Pemda Lumajang.

Para anggota Satgas Kamdes di lengkapi HT sebagai alat komunikasi. mereka juga memiliki rompi khusus sebagai identitas anggota satgas keamanan desa sesuai dengan nama desanya.

AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH selaku pemegang tongkat kepemimpinan Polres Lumajang ini memberikan apresiasi tinggi untuk Satgas Keamanan Desa karena ikut serta membantu menciptakan situasi Kamtibmas di desanya khususnya dalam pengamanan pemilu kali ini.

 " Tugas utama Satgas Keamanan Desa ada empat, Pertama : Bertugas menjaga dan memastikan keamanan didesanya dari segala bentuk gangguan Kamtibmas. kedua : Bertugas mendisain sistem keamanan didesanya masing-masing sesuai dengan karakteristik desanya. Ketiga, Sebagai Problem Solver bagi masyarakatnya terkait masalah-masalah kamtibmas dan yang ke empat : membantu menangani masalah-masalah dalam masyarakat seperti memobilisasi masyarakat dalam penanganan bencana, masalah-masalah sosial dan juga permasalahan yang dapat timbul dari pelaksanaan pemilu kali ini," ujar Arsal

tambah Arsal Kembali “dalam pengamanan TPS, 20 TPS diamankan hanya oleh 2 personil Polri tentu kurang efektif. tapi dengan keberadaan Satgas Keamanan Desa, tentu sangat efektif dalam membantu pengamanan. apalagi mereka sudah dilengkapi HT, sehingga memudahkan komunikasi” ujarnya Kembali.

Saat ini seluruh desa se-kabupaten lumajang sejumlah 198 sudah membentuk Satgas Keamanan Desa. Tiap Desa beranggotakan 30-50 orang. Jumlah Personil Satgas Keamanan desa sejumlah 5.690 yang merupakah relawan keamanan. (Suatman)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact